Sepuluh film, 22 tahun, dan gue makin nggak peduli lagi dengan ceritanya. Gue udah lupa banget sih sama 9 film sebelumnya. Tapi yang jelas gue ingat beberapa ciri khas franchise Fast & Furious ini. Yang pertama adalah penjahat bisa jadi ada di sisi protagonis di film selanjutnya, dan yang mati bisa dihidupkan kembali. Fast X jelas nggak lepas dari dua ciri khas itu. Tapi yang menarik adalah Fast X hadir di tengah film-film superhero blockbuster dan mampu menyatukan fans MCU dan DCU. Deretan cast di film-filmnya Fast & Furious itu selalu bikin franchise The Expendables - yang idenya menyatukan semua bintang film aksi - malah jadi cupu. Apalagi cast di Fast X ini yang bisa bikin fans MCU dan DCU kelojotan bareng. Gila sih nggak ada duanya emang, dan ini memang salah satu jualannya. Jualan yang lain jelas adegan-adegan aksi stunt CGI yang nggak pakai otak alias absurd. Tapi ya nggak apa-apa juga karena toh penonton suka juga. Harus gue akui, di segi cerita Fast X tergolong sudah
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Vortex - Europe on Screen Review
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
-
Gue udah aware dengan sepak terjangnya sutradara dan penulis naskah Gaspar Noe, tapi belum ada satu pun filmnya yang gue tonton karena keterbatasan akses legal. Begitu film terbarunya, Vortex (2021), hadir di festival film Europe on Screen langsunglah nggak pikir panjang lagi. Kosongin jadwal dan niatin ke Jakarta demi nonton film ini secara legal dan di layar lebar! Plus udah siapin mental juga karena kayaknya Vortex ini punya aura yang mirip dengan Amour-nya Michael Haneke.
Sepanjang film minim dialog dan sunyi, bener-bener ngikutin keseharian pasangan lansia ini mulai dari bangun tidur, ngopi, beberes rumah, kerja, sampai tidur lagi. Beberapa drama yang dihadirkan pun sangat membumi, dan nggak ada kejadian overdramatis seperti di film-film Hollywood. Kondisi oma yang makin menurun, tapi malah membahayakan mereka berdua sekaligus. Ditambah sang anak semata wayang yang masih terjebak dalam jerat narkoba.
Emang luar biasa sih sineas yang satu ini, visualnya sederhana tapi ciamik dan efektif untuk jalan cerita. Tentang pasangan lansia di usia senja yang sang suami harus merawat istrinya yang terkena demensia. Dibungkus dengan aspect ratio kotak yang setiap ganti adegan ada blank hitam persis seperti proyektor jaman kuliahan. Lalu ada dua adegan yang disajikan di kiri kanan layar, jadi kita bisa lihat satu momen dari dua sudut pandang.
Gue nggak paham kenapa konsep visual seperti ini yang gue pilih, tapi yang gue tangkep adalah untuk ngasih kesan claustrophobic ke penonton. Dengan aspect ratio yang "sempit", ditambang pasangan lansia ini tinggal di apartemen yang sempit dan banyak barang yang mereka kumpulkan seumur hidupnya. Buku-buku berbaris di lemari sampai ke atas, bahkan ada tumpukan buku di sofa yang jadinya menyisakan ruang hanya untuk satu orang duduk.
Kita bisa ngeliat gimana kedua karakter ini bergerak lamban menyelami setiap barang hasil pencapaian mereka, tetapi kadang kala juga terasa sesak. Apalagi keengganan untuk pindah ke panti jompo karena barang-barang yang banyak dan bertumpuk itu. Dilema pun terjadi, menjalani hari-hari senja di rumah tapi mengorbankan keselamatan, atau meninggalkan segalanya demi hidup terjamin di panti jompo.
Buat gue yang suka banget dengan Amour (2012) karya Michael Haneke, gue masih lebih suka dengan Amour ketimbang Vortex. Apalagi dua film ini membawa tema yang sama; usia senja dan menghadapi kematian di depan mata. Vortex memang vulgar dan apa adanya menampilkan usia senja selebar-lebarnya, tapi Amour kelewat brutal dalam memberikan pilihan endingnya. Meski Vortex masih bisa menawarkan keindahan visual dengan konsep yang sangat menarik.
review film vortex gaspar noe review vortex gaspar noe vortex gaspar noe movie review vortex gaspar noe film review resensi film vortex gaspar noe resensi vortex gaspar noe ulasan vortex gaspar noe ulasan film vortex gaspar noe sinopsis film vortex gaspar noe sinopsis vortex gaspar noe cerita vortex gaspar noe jalan cerita vortex gaspar noe
Pertama-tama gue harus ngaku bahwa gue memang fans Billie Eilish sejak pertama kali dia rilis lagu Ocean Eyes tahun 2019. Ya bukan fans garis keras gimana banget, cuma suka sama lagu-lagunya yang melodinya beda dari arus utama. Gue juga nggak tahu secara detil kehidupan pribadinya dia gimana, bahkan gue baru tahu Finneas itu kakaknya sekaligus produser musik dia pas rilis di album pertama. Setelah nonton dokumenter ini, gue jadi makin respek sama artis yang menurut gue sangat beruntung dan terberkati ini. Kita semua tahu lah ya betapa kerasnya dunia hiburan apalagi dengan kasus sebelah mbak Britney Spears yang masih aja dikendalikan sama bapaknya di segala aspek hidupnya. Nah dedek Billie ini luar biasa banget punya keluarga yang beneran 100% suportif di segala sisi. Abangnya Finneas yang jenius di musik tapi juga kagak sirikan sama adeknya yang jauh lebih tenar dari dia. Bapak ibunya yang ternyata memang dari latar belakang musik dan udah grooming Billie dari kecil juga super-bijak d
Dalam setahun kita dikasih 2 film Guy Ritchie? Setelah Operation Fortune: Ruse de Guerre yang rilis di awal tahun, sekarang ada The Covenant . Menariknya The Covenant punya tema yang cenderung segar dan terlalu serius di antara semua film yang pernah disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Guy Ritchie. Film ini juga punya premis anti-perang dengan tema yang rasanya belum pernah diangkat. Persahabatan antara seorang serdadu AS dengan penerjemah lokal di Afghanistan. Harus gue akui, rasanya The Covenant layak jadi salah satu film terbaik di tahun ini. Selain punya tema anti-war yang sangat penting, film ini punya penampilan akting yang luar biasa sampai menyerap emosi penonton. Selain itu deretan adegan aksinya juga sangat intens! Beberapa kali gue dibuat tahan nafas dengan ketegangan yang ditampilkan di layar. Seperti film-filmnya Guy Ritchie sebelumnya, The Covenant juga terlihat jelas dibagi menjadi tiga babak. Meski secara durasi tidak terbagi rata, rasanya pilihan yang tepat untu
Wah kayaknya Cha Cha Real Smooth akan jadi salah satu film romansa - dan coming of age - favorit gue di tahun ini. Manis banget sampe gejala diabetes. Satu lagi tipikal film romansa dengan hubungan yang nggak jelas bahkan cenderung platonic. Meski jelas Andrew mungkin punya sindrom Elektra yang condong lebih suka sama wanita yang lebih tua. Tapi gue rasa film ini nggak cuma ngomongin soal cinta. Melainkan tentang hidup! Hidup di masa transisi menuju dewasa lebih tepatnya. Adulting is no joke as we know, dan pasti banyak dari kita yang baru lulus kuliah bingung mau ngapain. Masa transisi dari hidup yang penuh keteraturan dan otoritas dari institusi pendidikan ke hidup yang lebih bebas terhadap arah, visi, dan misi masing-masing. Mulai dari ganti-ganti pekerjaan, gimana cara menghadapi pelanggan dengan sopan, sampai bertanggung jawab dengan komitmen dan waktu. Nah romansa dapat porsi yang jauh lebih banyak ketimbang pekerjaan, karena gue rasa memang sisi ini yang jauh lebih relate denga
Komentar
Posting Komentar